Mattshol Blog

Thoughts In Writing

Powered by Blogger.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Kita


Daun kelor adalah salah satu jenis dedaunan yang sudah sering digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Namun, secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata juga sudah banyak diteliti. Daun yang juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya. Sebagai komponen yang sering digunakan sebagai obat tradisional, manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata bukan mitos. Beberapa penelitian menyebutkan, daun yang satu ini bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain sebagai berikut:

1. Daun kelor Memberi nutrisi untuk tubuh merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut: Protein: 2 gram Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

2. Daun Kelor Kaya akan antioksidan Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

3. Daun Kelor Membantu menurunkan kadar gula darah dan  juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

4. Daun Kelor Membantu meredakan peradangan karena mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

5. Daun Kelor Menurunkan kolesterol Manfaat , membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

6. Daun Kelor Melindungi tubuh dari keracunan arsen Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

7. Daun Kelor Membantu mengatasi kanker Manfaat lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

8. Daun Kelor Baik untuk daya ingat Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun tersebut, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

9. Daun Kelor Baik untuk jantung Ekstrak daun tersebut,  berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.
10. Daun Kelor Mencegah anemia Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun ini membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

11. Daun Kelor Berpotensi mengatasi infeksi bakteri Ekstrak daun ini, juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

12. Daun Kelor Dipercaya baik untuk wanita menopause Daun ini apabila dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause. Pada usia menopause, kadar antioksidan di tubuh memang akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor tersebut.

13. Daun Kelor Baik untuk anak yang malnutrisi Salah satu manfaat daun ini yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi. Manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi bubuk kelor selama dua bulan secara teratur.
Meski begitu, jangan serta-merta memberikan olahan daun ini pada anak.Perhatikan efek samping yang mungkin terjadi dan diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai keamanannya.

Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk kesehatan kita dengan obat alami yang sudah tersedia di alam Indonesia yang kita cintai ini.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://mattshol.blogspot.com/2019/11/manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: admin - Friday 1 November 2019

Belum ada komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Kita"

Post a Comment